Kamis, 01 Desember 2011

Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan

“Kartun Kimia”

Judul : Kartun Kimia
Penulis : Larry Gonick & Craig Criddle
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Tahun Terbit : 2006
Jumlah Halaman : 250
Kategori : Kimia
Teks Bahasa : Indonesia
Penerjemah : Utti Setiawati
Penyunting : Andya Primanda



 
Kimia, sama halnya dengan fisika, merupakan hal-hal yang terjadi di sekitar kehidupan kita sehari-hari. Hal-hal seperti larutan, listrik, logam, dan sebagainya mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kimia. Namun, kimia yang dipelajari di sekolah sering dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit, membingungkan, dan menakutkan. Padahal memahami kimia sangat diperlukan karena kimia adalah bagian hidup manusia. Maka diperlukan suatu cara agar mempelajari kimia menjadi lebih menarik.

Melalui buku Kartun Kimia, topik-topik pelajaran kimia dibahas dengan kalimat-kalimat yang lebih ringkas sehingga pembaca lebih cepat dan mudah memahami isi buku. Setiap topik dilengkapi dengan ilustrasi yang sangat menarik, berupa teks dan gambar yang kocak. Ilustrasi tersebut sangat mendukung dalam memahami konsep dasar ilmu kimia dan membuat pembaca tidak jenuh.

Kartun Kimia menerangkan dasar-dasar kimia yang pembahasannya dibagi ke dalam 12 bab, antara lain sejarah ilmu kimia, sifat-sifat unsur, ikatan kimia, reaksi, wujud zat, larutan, asam-basa, elektrokimia, stoikiometri, dan kimia organik. Setiap bab disajikan dengan ilustrasi yang sederhana, jernih, dan penuh humor.

Topik-topik yang dibahas memiliki kandungan sains yang bermutu meskipun disajikan dengan penuh humor. Adanya ilustrasi gambar membantu pembaca memahami penjelasan yang diberikan. Bahasa yang digunakan juga ringkas, padat, dan tidak berbelit-belit sehingga pembaca tidak kesulitan dalam memahami maknanya.

Namun untuk memahami konsep-konsep kimia yang dibahas di dalam buku ini, pembaca tetap harus memiliki minat yang tinggi terhadap kimia. Karena meskipun telah disajikan dalam bentuk yang sangat menarik, pengertian ilmiah pembaca tetap diperlukan.Sulit! Itu mungkin merupakan kata yang kita pikirkan mengenai kimia. Namun walaupun begitu, tidak menjadi halangan untuk memepelajarinya. Selain melalui buku-buku sekolah dibutuhkan juga buku lain untuk mendalami kimia.

Buku lain yang dapat digunakan untuk mempelajari kimia adalah kartun kimia. Sesuai dengan nama buku ini buku ini disajikan dalam bentuk komik. Buku ini berisi 12 bab yang membahas tentang pelajaran-pelajaran kimia yang terdiri dari, sejarah ilmu kimia, sifat-sifat unsur, ikatan kimia, reaksi, wujud zat, larutan, asam basa, elektrokimia, stoikiometri, dan bahan organik.Buku ini sangat membantu dalam mempelajari kimia karena melalui satu buku saja kita bisa mempelajari banyak materi. Selain itu, dengan adanya animasi-animasi yang menarik membuat mempelajari kimia menjadi menyenangkan. Adanya contoh-contoh soal dibeberapa bab membuat kita lebih memahami materi yang diberikan. Kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan materi merupakan bahasa formal yang mudah dicerna.

Jadi, walaupun mempelajari kimia sulit namun bisa dibuat menyenangkan dan mudah dimengerti dengan kartun kimia.Pernahkah Anda menginginkan agar ilmu kimia dapat ditampilkan dengan lebih menarik- sehingga terasa sama saja Anda membaca sebuah buku komik hitam-putih ? Bidang pelajaran ini mungkin tampak sulit, namun sebenarnya tidak demikian. Dengan kehadiran buku ini, membaca buku pelajaran kimia akan menjadi lebih mudah dan menarik.

Kimia, sebuah ilmu pengetahuan yang kerap dianggap sulit dan memusingkan.Terlalu membahas mengenai hal-hal yang tidak dapat kita lihat secara langsung mengakibatkan bidang pelajaran ini sulit dipahami. Ilmu mengenai pemahaman dan rekayasa materi ini memang penting, karena perannya sangat berguna untuk memahami alam sekitar dengan proses yang terjadi di dalamnya dengan lebih baik lagi dan supaya kita dapat mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan kita.
Materi-materi yang diulas dalam buku ini antara lain:
1. Bahan-Bahan Tersembunyi
2. Zat Menjadi Listrik
3. Kebersamaan
4. Reaksi Kimia
5. Kalor Reaksi
6. Zat Dalam Suatu Wujud
7. Larutan
8. Laju Reaksi dan Kesetimbangan
9. Asam Basa
10. Termodinamika Kimia
11. Elektrokimia
12. Kimia Organik
13. Lampiran Menggunakan Logaritma

Materi dari buku ini mencakup bahan-bahan pelajaran untuk segala tingkatan pendidikan, mulai dari SMP-hingga Perguruan Tinggi dan bagi yang belajar secara individual sehingga cocok untuk segala umur.
Hal yang patut disayangkan adalah bagaimana tulisan-tulisan yang kita baca disajikan seluruhnya dengan huruf capital sehingga dapat sedikit mengganggu konsentrasi para pembacanya.
Namun, kekurangan yang ada dari buku ini tidak sebanding dengan apa manfaat yang dapat Anda peroleh. Dengan membaca buku ini , Anda dapat diperkaya mengenai sejarah awal ditemukannya ilmu kimia, ide para peneliti yang unik ,usaha pembuktian mereka -yang tidak bisa Anda temukan di buku-buku pelajaran,hingga akhirnya teori yang telah mereka buktikan dengan mapan. Dalam buku ini, para pengarang akan menjelaskan Buku ini juga diperkaya dengan sejumlah ilustrasi-ilustrasi, baik untuk memperjelas materi atau sekedar lelucon agar para pembacanya tidak bosan. Sebuah buku yang patut dibaca.


“Bahan Kimia dalam Makanan dan Minuman”

Identitas Buku
Judul Buku : Bahan Kimia dalam Makanan dan Minuman
Penulis : Nursanti Riandini, ST
Penerbit : Shakti Adiluhung
Cetakan : I, 2008
Tebal : 32 halaman



Resensi Isi Buku
Makanan dan minuman merupakan kebutuhan utama dalam hidup. Makanan dan minuman yang bergizi sangat membantu menunjang aktivitas hidup manusia. Namun, ternyata dibalik makanan dan minuman ini, terdapat sesuatu yang justru dapat mempengaruhi kehidupan, yaitu zat aditif yang ditambahkan pada makanan dan minuman yang kita konsumsi.
Zat aditif adalah bahan alami atau bahan buatan yang ditambahkan atau dicampurkan pada makanan dengan tujuan memperbaiki karakter pangan agar kualitasnya meningkat. Zat aditif dapat dibagi dua, yaitu aditif sengaja dan aditif tidak sengaja.
Buku ini membahas kedua jenis zat aditif tersebut, dengan membaginya menurut kegunaannya : bahan pemberi rasa, bahan penyedap rasa dan penguat aroma, bahan pemberi warna, dan bahan pengawet. Dalam pembahasannya pun dipisahkan antara bahan alami dan bahan buatan.
Pembahasan tiap jenis zat aditif meliputi sumber zat aditif tersebut, fungsinya dalam penambahan bagi makanan, dan kemudian tentang senyawa atau molekul kimia yang terkandung dalam zat tersebut. Dalam pembahasan zat aditif buatan, juga ditambahkan informasi mengenai nama ilmiah / nama kimia dan beberapa nama dagang zat tersebut, juga disertai perbandingan dengan zat alami yang sejenis, dan efeknya bagi tubuh jika digunakan secara berlebih. Pada beberapa zat yang berbahaya juga disertai Peraturan Menteri Kesehatan yang melarang penggunaan zat aditif tersebut.
Organisasi karangan dalam buku ini tidak rumit, runtut berpola seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sehingga tidak berputar-putar dan mudah dimengerti. Dalam pembagian zat aditif dijelaskan dengan poin sehingga tidak membingungkan.
Bahasa yang digunakan dalam buku ini merupakan campuran sebagian besar bahasa ilmiah (denotatif) dan sebagian kecil bahasa konotatif dalam penjelasan mengenai sumber zat aditif. Beberapa bahasa ilmiah yang digunakan memang agak asing, seperti istilah ilmiah zat aditif dan nama-nama zat aditif yang agak rumit. Tetapi, kata-kata lainnya dapat dengan mudah dimengerti.
Penyajian buku ini cukup menarik. Tidak terlalu besar, setiap halamannya berwarna, dan dalam penjelasannya disertai gambar-gambar yang dapat memvisualisasikan zat aditif yang dijelaskan. Gambar-gambar yang ada juga tidak hanya gambar umum zat aditif, tetapi juga gambar struktur molekul yang terdapat dalam zat aditif tersebut.
Menurut saya, buku ini cukup baik, karena merupakan buku ilmiah yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat juga dibaca dan dimengerti khalayak umum. Buku ini juga berisi pengetahuan yang sangat penting yang besar pengaruhnya dalam hidup kita, yaitu terutama tentang zat aditif buatan dalam makanan yang harus dihindari beserta bahaya-bahaya yang dapat timbul jika zat tersebut dikonsumsi secara berlebih.
Buku ini menunjukkan implementasi kimia yang selama ini dipelajari secara teori dalam kehidupan sehari-hari beserta dampak dari bahan kimia yang terdapat dalam makanan dan minuman kita sehari-hari. Dapat dibaca semua orang, karena makanan dan minuman adalah hal yang tidak terelakkan dalam kehidupan manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar